Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan

Advertisement
Manfaat Daun Pisang. -Scara tradisional pisang tidak dibudidayakan secara intensif. Hanya sedikit yang dibudidayakan secara intensif, dan lebih banyak dibudidayakan secara monokultur. Dan biasanya ditanam di pekarangan, tepi-tepi lahan tanaman lain, dan tepi sungai.
Ada dua golongan pisang berdasarkan cara mengkonsumsi buahnya, yaitu pisang meja (dessert banana) dan pisang olah (plantain, cooking banana). Pisang meja diskonsumsi saat buah pisang sudah matang seperti pisang ambon, raja, seribu, ambon, dan lain-lain. Dan pisang olahan biasanya dikonsumsi setelah dibakar, digoreng, dikeripik, dikolak seperti pisang kepok, siam, kapas, tanduk, dan lain-lain. Buah pisang sering kali diolah menjadi bermacam-macam produk seperti kue, sale, atau arak (diamerika latin) , molen dan epe . 

Selain memiliki gizi yang tinggi daripada buah apel, pisang juga dapat memberikan cadangan energi dengan cepat apabila dibutuhakan. Termasuk ketika otak mengalami kecapean saat berpikir. Pisang mempunyai gizi sangat baik, kaya akan mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi dan kalsium. Pisang juga mengandung vitamin seperti Vitamin B kompeks, B6, C dan serotin.
 
Energi pada pisang dua kali lebih banyak dibandingkan buah apel. 100 gram pisang terdapat 136 kalori dan pada 100 gram apel hanya 54 kalori. Kandungan energi pisang merupakan energi instan, yang gampang sekali diserap oleh tubuh, sehingga  bermanfaat dalam menyediakan kalori sesaat.

Nah itulah sedikit ringkasan mengenai Pisang. Memang begitu bermanfaatnya pisang. Selain sebagai menu makanan yang lejat dan menambah energi dengan cepat pisang juga bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, seperti batuk berdarah, diare atau disentri, kurang darah (anemia) , panas disertai susah buang air besar, sariawan dan masih banyak lagi.


Khasiat Buah Pisang Untuk Pengobatan Tradisional
www.tradisionalkesehatan.com
Khasiat buah, daun, jantung, kulit, bonggol dan akar pisang bagi kesehatan :
  • BONGOL PISANG RAJA PENANGKAL BISA ULAR
Ambil bongol piasang sebesar kepal tangan, cuci dan parut sampe halus, tambahkan satu sendok makan madu murni lalu remas sampe merata, dan terakhir saring dan peras, minumlah hasil saringan tersebut sekalligus. Lakukan 2 kali sehari sampe sembuh.
  •  ANAK POHON PISANG BATU PENCEGAH PENDARAHAN
Anak pohon pisang batu berguna untuk menghentikan darah yang terus mengalir. Misalnya akibat keguguran atau habis melahirkan.
Caranya : anak pohon pisang batu yang baru tumbuh dan belum ber daun sama sekali, ambil sampai ke akarnya. Lalu cuci bersih. Pucuknya buang sedikit dan parutlah sampai ahabis . setealh itu peras, ambil airnaya lalu diminum.

  • CAIRAN BONGOL UNTUK PENUMBUH RAMBUT
Ambil 5 kulit pisang mas. Jemur sampe kering. lalu dbuat serbuk, tambahkan kuning telur ayam dan tambahkan satu gelas air bersih, aduk sampe rata. Gunakan ramuan ini untuk keramas. Dan bilas dengan air sesudahnya.
  • PISANG KLUTUK PEMBASMI MAAG
Ambil pisang klutuk yang belum matang secukupnya , lalu kupas dan iris tipis-tipis, setelah itu jemur sampe kering . setelah kering buatlah menjadi serbuk. Cara untuk menggunakannya, ambil satu sendok teh serbuk , lalu seduh dengan air panas. Minumlah bersama ampasnya, lakukan ini 3 kali sehari.
  • PISANG BATU PENGHILANG DISENTRI
Sediakan satu pisang batu , panaskan pada abu dapur, lalu iris tipis-tipis dan giling sampe halus. Lalu campurkan air matang sambil diaduk rata. Peras dan saring sampe airnya keluar. Nah minumlah 3 kali sehari.
  • PISANG AMBON PENGOBAT MUKA KERING
Satu buah pisang ambon giling sampe haus. Tambahkan 2 sendok makan minyak zaitun dan panaskan sebentar diatas api. Tunggu sampe dingin, oleskan pada muka sampe rata diamkan selama kurang lebih 20 menit. Sebelum dan sesudah pemakaian basuhlah muka terlebih dahulu memakai air bersih. Lakukan ini sampe terlihat hasilnya.
  • KULIT PISANG PENURUN DARAH TINGGI
Sediakan kulit pisang besserta tangkainnya ( 30-60 gram ) atau akarnya yang masih segar (30-120 gram ). Rebuslah sampe matang. Setelah dingin minum sebagai pengganti teh. Lakukan 3 kali sehari sampe sembuh.


Khasiat Buah Pisang Untuk Pengobatan Tradisional

Khasiat daun, akar, bongol dan buah pisang memanglah sangat banyak. Dan masih banyak lagi manfaatnya yang masih belum dikatahui. Maka rajin-rajinlah memakan buah pisang.  Semoga apa yang kami informasikan ini bermanpaat bagi kita semua.

Baca juga artikel kami tentang Khasiat Pepaya dapat mengobati berbagai Penyakit

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan