khasiat dan Manfaat jus Untuk kesehatan Tubuh

Jus untuk Kesehatan. -Seringkali dalam cara mengolah jus kita mengalami kesalahan malah membuat kandungan dalam jus nutrisinya jauh berkurang. Misalnya terlalu banyak menambahkan gula dan es batu. Maka ketahuai dulu cara membuat jus yang benar.

Pada dasarnya minuman sari buah dibedakan atas 3 macam, yaitu : jus, lassi dan smoothie.

Juss adalah sari buah yang diperoleh dengan memperas dengan tangan (jus jeruk) ataubantuan lalin dengan mesin pers (belender), seperti jus nanas, jus apel, dan lain-lain. Saayuran juga dapat dijadikan jus dengan belender  misalnya, jus mentimun, tomat dan lainnya.
Lassi adalah minuman dari jus yang dicampur dengan youghurt

Smoothie adalah jus atau lassi yang dicampur dengan bahan tertentu sehingga berstruktur lembut (smooth) dan dapat disendoki. Dan yang biasa dipakai campurannya seperti kelapa muda, avokad, pisang dan havermut (rolled oats/quick cooking oats).

Tips mengolah jus :

  • Agar kulit awet muda dan cantik, pikiran kita pun harus rileks dan jauh dari stres. Maka untuk menghindari itu adalah dengan kalium (semua jenis buah), vitamin B kompleks (kacang hijau, kacang merah, dan jenis polong-polongan), dan Zat relaksan (coklat bubuk).
  • Kandungan karoten banyak terdapat pada wortel dan kesemek buah lokal yang semakin langka.
  • Jus yang sangat banayak akan antioksidan aktif dan berkhasiat sebagai antiaging terdapat dalam buah/sayuran yang mengandung karoten(betakaroten, likopen, lutein), vitamin C dan asam sitrat. Karoten dan vitamin C dapat memepercepat peremajaan sel.
  • Untuk memperoleh jus sehat dan bermanfaat, simpan buah dalam kulkas hingga dingin. Sebelum dibuat jus diamkan terlebih dahulu selama kurang lebih 15-30 menit agar buah segar dan terlalu dingin.
  • Bila jus disajikan dengan suhu lemarin es atau diatmabahkan es batu, maka nutrisinya akan sulit diserap oleh tubuh. Dan penyerapan nutrisi paling optimal adalah ketika suhu buah setara dengan suhu tubuh.
  • Asam sitrat, terutama yang terdapat dalam buah jeruk lemon/nipis bersipat tonik bagi liver, sehingga mempercepat fungsi liver dalam membuat zat racun/radikal bebas dalam tubuh. Buah lain yang banyak mengandung asam sitrat adalah buah sirsak.
  • Lemak sehat omega -3 juga termasuk antioksidan kuat. Terdapat dalam avokad, kacang-kacangan (kenari, almon, kacang mete), dan minyak zaitun exstra virgin.
  • Untuk kesehatan dan antiagingsebaiknya jangan membuat jus dari campuran buah manis alkoholik (buah yang rasanya sangat manis, sedikit mengandung air dan dapat dengan mudah berubah menjaadi alkohol jika pemeranannya erlalu matang). Contohnya antaralain durian, nangka, atau cempedak.

Manfaat jus bagi kesehatan Tubuh
www.Tradisionalkesehatan.com


Jus dapat lebih bermanfaat apabila cara mengolahnya sesuai aturan. Dan perbanyaklah minum jus agar kita mendapata kesehatan lebih. Tubuh sehat memperlancar pemikiran kita.

Terimakasih atas kunjungannya, semoga apa yang kami informasikan bermanfaat bagi kita semua. Baca juga artikel tentang Tips memilih makanan sesuai jenis penyakit

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : khasiat dan Manfaat jus Untuk kesehatan Tubuh