Manfaat Makan Secukupnya dan Memilih Makanan yang Tepat Bagi Kesehatan

Advertisement
Manfaat Makan Secukupnya -Siapapun anda, berapapun umur anda, boleh saja memakan makanan  atau hidangan apa saja. Tetapi jangan berlebihan, secukupnya aja. Makan secukupnya tidak akan membuat anda gemuk atau kurus. Kolesterol tidak tinggi atau rendah, darah tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer.

Makan Secukupnya


Makan secukupnya adalah cara paling efektif dan ampuh menjauhkan diri dari penyakit. apa yang dimaksud makan secukupnya ? , baik kita ibaratkan perut kita isinya ada 3 bagian, bagian pertama berisi air, makanan dan udara. Cara terbaik mengisi perut kita adalah sejumlah tiga bagian tersebut. Ini akan menjadikan badan anda terasa ringan dan nyaman. Jadi janganlah porsi makanan mengalahkan jatahnya rongga udara maupun air. Jiak makank kenyang kita ukur 100 persen maka maksimal makan kita hanya 80 persen.

Ada sebuah cerita sejarah yang diarsipkan ahli hadist, bahwa Nabi Muhammad SAW pernah dihadiahi seorang dokter dari raja Mesir. Sang dokter bertugas mengawasi dan membantu pengobatan masyarakat Isalam di Madinah. Tetapi sang dokter lebih banyak menganggur, masyarakat Madinah sehat-sehat saja jarang ada yang sakit. Sang dokter penasaran lalau bertanya kepada Nabi apa rahasianya sehingga umatnya banyak yang sehat-sehat. Nabi menjawab , “kami adalah suatu kaum yang tidak makan kecuali merasa lapar dan jika makan tidak sampe kenyang.”

Bagaimana cara mengatur makanan secukupnya? Jika aktivitas anda sedikit maka jumlah makanan anda juga sdikit, jika aktivitas anda banyak maka makanannya juga banyak. Yang penting energi yang masuk kedalam tubuh harus dikeluarkan melalui aktivitas fisik dan psikis, sehingga energi tidak numpuk dalam tubuh.

Makanan yang Tepat

Makanlah makanan yang tepat. Yaitu bahan-bahan makanan yang memang diperuntukan sebagai makanan. Jangan memakan yang tidak diciptakan sebagai makanan. Bahan yang dianjurkan untuk dimakan ialah :

-Semua tumbuhan berbiji dan semua pohon-pohonan yang buahnya berbiji. Yaitu : padi-padian, polong-polongan, dan kacang-kacangan.

-Semua tumbuhan dipadang seperti kol, brokoli, kembang kol, bayam, selada, asparagus, kangkung, umbi-umbian, ubi jalar, kentang, bit dan wortel.

-Jangan pernah anda makan darah dan lemak. Konsumsi lemak yang berlebih akan menimbulakan penyakit jantung dan pembuluh darah, stroke, diabetes dan lain-lain. Didalam darah terdapat kuman dan zat berbahaya yang dapat mengakikbatkan penyakit infeksi.

-Jangan pernah memakan makanan olahan, usahakan memakan makanan yang alami tanpa ada campuran zat  buatan. Makanan alami tentu lebih baik. Seringkali orang hanya mementingkan rasa dimulut tanpa mengindahkan dampak bahaya makanan yang dicampur bahan-bahan sintetis atau campuran olahan. Yang penting warnanya menarik dan enak dilidah, seperti bahan pengawet, pemutih, pewarna, perasa, dan sebagainya. 

Manfaat Makan Secukupnya dan Memilih Makanan yang Tepat Bagi Kesehatan
www.tradisionalkesehatan.com
Demikianlah yang dapat saya sampaikan tentang menfaat makan secukupnya dan memilih makanan yang tepat. Maka harus pinter-pinterlah dalam memeilih makanan , karna makanan yang akan membantu kita menjalankan aktivitas. Semoga bermanfaat, Amin .

Baca juga artikel 7 Cara Raih Tubuh Bugar

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Makan Secukupnya dan Memilih Makanan yang Tepat Bagi Kesehatan