Manfaat dan Khasiat Buah Kurma Bagi Ibu Hamil

Buah Kurma.  -Ibu hamil penting untuk menjaga kebutuhan jumlah gizinya bahkan harus ditingkatkan, mengingat proses didalam tubuh menjadi dua bagian satu untuk kelangsungan kesehatannya dan kedua untuk tumbuh kembang janin selama proses kehamilan. Kebutuhan nutrisi harus menjadi perhatian anda karena akan mempengaruhi proses pertumbuhan janin setiap periode kehamilan anda. pada saat kehamilan perubahan fisik dan psikologis mengakibatkan beberapa fungsi tubuh menjadi berubah, inilah yang menjadi alasan anda untuk menambah asupan nutrisi untuk kebutuhan keshatan anda.

Asupan gizi yang dibutuhkan oleh ibu hamil tidak cukup dengan mengkonsumsi susu pormula saja, namun harus menambah porsi mengkonsumsi syur dan buah-buahan, dan salah satu buah yang memiliki segudang manfaat untuk ibu hamil adalah buah kurma. 

Buah kurma memberikan kepada sang ibu hamil tenaga dan asupan sel darah merah, sehingga janin yang dikandungnya juga tercukupi kalsium, sel darah merah dan zat besi untuk perkembangan tubuhnya. Ternyata buah kurma mengandung serat yang tinggi, mangan, kalium, belerang, fosfor, besi, kalsium dan magnesium yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.

Di dalam buh kurma ini sangat banyak mengandung manfaat. Dan khusu bagi ibu hamil, buah kurma sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena dapat memperlancar proses persalinan dan membantu nanti saat proses mengecilakan perut. 

inilah Khasiat dan Manfaat Buah Kurma untuk ibu hamil
www.Tradisionalkesehatan.com


Lalu apa saja manfaat buah kurma untuk ibu hamil, langsung saja simak dibawah ini :

  • Menambah Energi
Buah kurma adalah buah dengan kadar tinggi gula, 60-65% diabandingkan dengan bauh-buahan yang lainnya. namun gula dalam buah kuram ini tidak berbahanya aman untuk dikonsumsi penderita diabetes sekalipun. Kandungan glukosa inilah yang membuat kurma dapat menyuplai energi pada tubuh kita yang sedang beraktivitas terutama bagi ibu hamil.
  • Mengecilakan Rahim
Kandungan Potuchsin pada buah kurma memiliki khasiat untuk mengecilakan pembuluh darah rahim, sehingga dengan begitu kondisi rahim mengecil sesuai dengan persalinan dan mencegah pendarahan pada rahim.
  • Memperlancar Produksi ASI
Pemberian ASI sangat dianjurkan hingga bayi berusia 2 tahun. Semahal apapun harga susu bayi yang anda beli, tetap ASI tidak akan tergantikan. Maka dari itu usahakanlah agar air susu ibu selalu terpenuhi. Dan salah satu cara untuk melancarkan air susu ibu yang sangat sederhana adalah dengan mengkonsumsi buah kurma. Karena buah kurma mengandung zat besi dan kalsium yang tinggi. Dari itu bagi ibu yang sedang menyusui sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah kurma agar ASInya lancar.
  • Memulihkan Tenaga Paska Kelahiran
Selain melancarkan produksi ASI kurma juga dapat memberikan energi atau memulihkan energi setelah proses persalinan. Didalam buah kurma ini terdapat salah satu  jenis glukosa yang sangat mudah diserap oleh tubuh. dan dilam satu butir kurma terkandung 1,8 – 2 % protein, 2 – 4 % serat, dan 50 – 57 % glukosa, maka dari itu jika ibu yang telah melahirkan memakan buah kurma tenaganya dapat kembali dalam waktu singkat.
  • Mengatasi Anemia
Kandungan glukosa pada buah korma tidak hanya bermanfaat untuk memulihkan/menambah energi saja tetapi juga dapat mengatasi anemia. Penyakit ini bisa disebabkan oleh berbagai paktor . dengan mengkonsumsi buah kurma dapat mengatasi gejala anemia yang timbul.
  • Melancarkan BAB
Setelah persalinan normal, ibu sangat disarankan untuk tidak mengedan saat BAB agar jahitannya tidak putus atau robek. Untuk itu dianjurkan setelah persalinan supaya memakan buah kurma . karena kandungan Vitamin A, riboflavin, tiamin, niasin, kalium, dan serat sangat membantu melancarkan BAB.
  • Membantu Pembentukan Gigi
Kandungan kalsium yang banyak dalam buah kurma sangat baik untuk merangsang pertumbuhan gigi pada janin. Agar anak anda ketika sudah lahir ingin cepat tumbuh giginya, bunda sebaiknya mengkonsumsi buah kurma paska kehamilan.

Buah yang berasal dari dataran Arab ini banyak sekali mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Mulai dari Vitamin, serat, protein dan terutama kandungan gula murni yang tidak dimiliki oleh buah yang lain.

Untuk ibu hamil disarankan untuk memakan buah kurma setiap harinya supaya janin didalam tubuhnya selalu sehat. 

Ucapan terimakasih atas kunjungan anda di blog kami ini, semoga banyak memberikan manfaat untuk anda yang telah membacanya dan jangan lupa untuk membagikan ke teman, sahabat, keluarga supaya manfaat kurma untuk kesehatan banyak diketahui.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat dan Khasiat Buah Kurma Bagi Ibu Hamil