Khasiat dan Manfaat Madu untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat madu sudah bukan rahasia umum lagi, kebanyakan orang sudah memanfaatkan akan rahasia kesehatan dalam madu. Bahkan sudah dari zaman dulu orang menggunakan madu sebagai obat yang mujarab. Madu ini sendiri merupakan cairan kental dari hasil olahan lebah maupun serangga lain dari nektar bunga,yang  menyerupai sirup tetapi rasanya lebih manis. Rasa manis ini terjadi dari hasil subtansi monosakarida, glukosa dan fruktosa.

Kandungan nutrisi yang terdapat pada madu sebagian besar merupakan gula dan jumlah mineral dan vitamin lebih sedikit. Ada pula senyawa yang lain yang dikenal sebagai antioksidan seperti Chrysin, pinobanksin, Vitamin C dan Katalase.


Nilai Gizi Madu per 100 gram
Energi304 kcl
Karbohidrat82.4 g
Gula82.12 g
Serat0.2 g
Lemak0 g
Protein0.3
Air17.10 g
Riboflavin (Vit. B2)0.038 mg (3%)
Niacin (vit. B3)0.121 mg (1%)
Asam Pantetonat (Vit. B5)0.068 mg (1%)
Vitamin B60.024 mg (2%)
Folat (Vit. B9)2 mg (1%)
Vitamin C0.5 mg (1%)
Kalsium6 mg (1%)
Besi0.42 mg (3%)
Magnesium2 mg (1%)
Fosfor4 mg (1%)
Potasium52 mg (1%)
Sodium4 mg (0%)
Zinc0.22 mg (2%)

Kebanyakan orang suka mengkonsumsi madu langsung diminum tanpa diolah menjadi bentuk yang lain karena kandungan nutrisi dalam madu itu bisa langsung diserap langsung oleh tubuh. Tetapi tak jarang pula orang menggunakan madu untuk penambah rasa pada makanan lain seperti menjadikan madu sebagai selai roti, sebagai minuman teh rasa madu dan masih banyak lagi yang lainnya.

inilah khasiat madu untuk kesehatan
www.Tradisionalkesehatan.com

Memang harus anda ketahui ternyata manfaat madu sangatlah banyak, selain untuk kesehatan madu juga sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit. langsung aja anda simak dibawah ini.

  • Merangsang Pertumbuhan Jaringan
Kandungan Enzim, Vitamin, Serbuk sari, propos dan mineral dalam madu dapat merangsang jaringan baru untuk cepat tumbuh. Dan apabila digunakan untuk mengobati luka bakar, madu akan mempercepat penyembuhan dan mengurangi jumlah jaringan parut.
  • Mencegah Datangnya Kanker
Kandungan antioksidan serta kandungan Flavonoid dalam madu dapat mengurangi risiko terjadinya kanker dan penyakit jantung. 
  • Obat luka dan Borok
Madu mengandung glukosa dan enzim yang disebut oksidase glukosa. Pada kondisi yang tepat, oksidasi glukosa dapat memecah glukosa menjadi hidrogen peroksida (zat yang bersifat antiseftik kuat). Namun madu yang disimpan dalam kemasan tidak dapat melakukan reaksi ini. Untuk menjadi aktif dan mengurangi glukosa madu, memerlukan lingkungan dengan pH 5,5-8,0 dan natrium. PH madu murni yang berkisar antara 3,2 dan 4,5 terlalu rendah untuk mengaktifkan enzim. Kulit dan cairan tubuh misalnya darah memiliki PH yang lebih tinggi dan mengandung natrium sehingga memberikan kondisi yang tepat untuk pembentukan hidrogen peroksida.
  • Mencegah gejala Ashma dan Alergi
Madu merupakan agen anti-inflasi yang merupakan obat alami untuk mengatasi gejala alergi dan asma. Didalam tubuh madu sangat baik menangani bersin yang diakibatkan oleh alergi terhadap suatu benda.
  • Obat Batuk dan Radang Tenggorokan
Dalam menyembuhkan batuk yang tidak kunjung hilang disertai rasa gatal pada tenggorokan  anda bisa mengatasinya dengan membuat teh madu yang dicampur lemon, serta air hangat. Dan jangan lupa setelah anda minum teh itu untuk segera minum air putih supaya senyawa pencipta rasa manis dalam madu dan lemon tidak menempel ditenggorokan.
  • Memberi Tambahan Energi
Pekerjaan yang terus menerus dapat menguras tenaga sehingga tubuh kita merasa lelah. Nah pada waktu istirahat minumlah secangkir teh madu tanpa gula. Madu ini mengandung karbohidrat yang cukup banyak sehingga madu menyuplai tambahan energi yang dengan mudah dapat diserap oleh tubuh.
  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Tubuh akan lebih kebal apabila setiap harinya tubuh kita terpenuhi kebutuhan nutrisinya. Nah untuk melengkapi nutrisi yang kurang anda dapat mengkonsumsi madu.
  • Mengobati Insomnia
Hasil dari penelitian campuran antara kayu manis, jahe dan madu yang dijadikan teh herbal dapat menenagkan tubuh ketika  malam hari anda susah tidur.
  • Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Madu dipercaya sebagai sumber makanan penting untuk menjaga metbolisme tubuh. Memang tidak salah, hal ini dikarenakan madu merupakan slah satu makanan yang sangat kaya akan nutrisi dan berbagai gizi lainnya.

Rajinlah untuk mengkonsumsi cairan manis ini , tentu anda akan merasakan  manfaat kesehatan dari madu, khususnya untuk memelihara kesehatan tubuh anda.

Itulah sedikit manfaat madu untuk mengobati berbgai penyakit yang dapat kita sampaikan, masih banyak sekali manfaat madu untuk kesehatan anda selain yang diatas. Semoga artikel ini bermanfaat untuk nada yang membacanya dan terimakasih untuk kunjungan anda ke blog kami ini. Salam sehat dari kami..

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Khasiat dan Manfaat Madu untuk Kesehatan Tubuh