Khasiat Buah Durian bagi Kesehatan

Buah Durian untuk Kesehatan. -Sensasi rasa buah durian sudah tidak ada yang memungkiri. Sehingga dalam refrensi dari Barat menyebutnya ‘smells like hell, but tastes like heaven’ yang artinya baunya seperti di neraka tetapi rasanya seperti di surga’. Kalau orang Indonesia mendekripsikan rasa buah durian ini hanya berkategori manis, manis legit dan manis sedikit pahit. Beda dengan orang Barat disana lebih banyak mendekripsikannya, antara lain yang ditulis seorang naturalis dari Inggris yang bernama Alfred Russel Wallace, yang mengatakan bahwa rasa durian seperti pudding yang dieperkaya dengan rasa almond, kadang seperti rasa eskrim keju, bercampur saus bawang, anggur dan bermacam rasa yang unik. Ia juga memiliki rasa yang lembut/pulen . 

Dari rasanya yang unik  ternyata buah durian ini memiliki nutrisi penting dalam jumlah yang tinggi yang melibihi buah yang lain. Hingga salah seorang penulis dari Thailand menyatakan bahwa kandungan nutrisi buah durian berkelas bintang lima. Diantara kandungan nutrisi yang penting tersebut adalah vitmain B, C, kalium, magnesium, zat besi, seng, fosfor, thiamin, riboflavin, dan omega 5 dan 6. Buah durian ini juga mengandung Phytonurient, phytosterol, polyphenol, organosulfur, antioksidan, dan tryptophan. Dan disamping itu buah ini juga mengandung zat gizi umum yaitu karbohidrat, lemak tidak jenuh dan protein.

Dari catatan pengobatan tradisional menyatakan bahwa durian ini bermanfaat sebagai penghangat badan, meningkatkan kebugaran mental, menambah vitalis kaum pria. Sedangkan dari penelitian moderen menemukan bahwa kandungan zat khusus pada buah durian ini memberikan peranan yang penting pada kesehatan tubuh manusia.

Zat phytonutrient yang terdapat pada buah durian merupakan zat alami yang umumnya banyak dalam buah-buahan dan sayuran . zat yang satu ini belum diidentifikasi secara gembleng namun diakui dapat memberikan manfaat untuk pemeliharaan kesehatan bersamaan dengan vitmain, serat dan mineral. Hasil dari penelitian Ohio State University menyatakan bahwa zat ini merupakan vitmain-vitmain masa depan. Zat ini tengarai mampu menonaktipkan sel kanker, mencegah katarak, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan risiko terkena panyakit kronis seperti kankerm diabetes, jantung dan hipertensi.

Buah durian kaya dengan kandungan zat antioksidan dan polyphenol yang memiliki kemampuan yang lebih dari antioksidan yang berupa vitamin. Dan bagusnya lagi durian ini memiliki kedua zat ini, baik itu vitamin (vitamin C) maupun zat lainnya. umumnya kandungan vitamin C yang terdapat pada buah durian berkisar sekitar 22.9 – 107, bahkan dari hasil analisa Balitbu Tropika dijumpai ada durian yang mengandung 200 mg/100 gr daging buah durian. Dan ini merupakan angka tertinggi kandungan vitmain pada buah.

Kandungan Tryptopan pada buah durian ini juga tidak kalah penting, Trytopan memiliki efek “feel good’ bagi yang mengkonsumsinya. Zat yang satu ini  merupakan salah satu asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk seretonin, niacin dan melatonin yang berguna untuk mencegah depresi, susah tidur, rasa cemas, strees, rasa sakit dan lain-lain.

Zat phytosterol yang bermanfaat untuk memperbaiki reaksi anti tumor pada tubuh, memeperbaiki ketahanan terhadap kanker, dan menghambat pertumbuhan tumor.  Dan juga kandungan zat organosulfur yang berguna untuk menurunkan sintesa kolesterol yang terjadi disel hati, antioksidan, antiradang, anti mikroba, dan masih banyak lagi.

Fakta-fakta mengenai manfaat buah durian bagi kesehatan juga sudah dirangkum oleh Profesor. Dr. Aminuddin AHK Departemen Fisiologi, Fakultas Kedokteran, Univ. Kebangsaan Malaysia, yang bersisi durian mengandung 3 jenis gula alami sukrosa, fruktosa dan glukosa.  Jika dikombinasikan dengan serat durian secara instan berkelanjutan maka akan memerikan tambahan energi bagi yang memakannya. dan penelitianpun memberikan bukti bahwa dengan mengkonsumsi 2 pogge durian dapat memberikan energi untuk kerja selama 90 menit secara berterusan.

Selain manfaat diatas buah durian ini masih banyak lagi manfaatnya untuk tubuh kita, salah satunya mencegah penyakit dan menjaga kondisi kesehatan kita. lalu apa saja manfaat yang lain dari durian selain yang diatas ? dibawah ini jawabannya.

inilah khasiat buah durian untuk kesehatan
www.tradisionalkesehatan.com


  • Mencegah Depresi
Hasil surpey yang dilakukan oleh MIND, menunjukan bahwa diantara masyarakat yang mengalami depresi, mendapat kondisi lebih baik setelah mengkonsumsi durian. Hal ini disebabkan durian mengandung zat tryptophan yang merupakan salah satu jenis amino yang dapat dirubah dalam tubuh menjadi serotonin. 

  • Premenstrual Syndrom (PMS)
Kandungan vitmain B6 pada buah durian akan meregulasi kadar gula darah pada tubuh anda sehingga moog anda meningkat.

  • Mengontrol Diet untuk orang Gemuk
Jika kita ingin menghindari ngemil terus akibat stress, kita membutuhkan makanan yang tinggi kadar karbohidrat setiap 2 jam untuk menyetabilkan tubuh. Nah durianlah buah yang berkadar karbohidrat 20%-39%.

  • Memperbaiki System Syaraf
Kandungan vitmain B yang tinggi pada buah durian sangat bermanfaat untuk memperbaiki system syarap anda.

  • Membantu untuk Berhenti Merokok
Buah durian ini juga sangat membantu anda jika ingin berhenti merokok, karena buah ini mengadung Vitmain B6, B12, magnesium dan kalium yang membantu tubuh anda dalam bertahan dari efek ketagihan nikotin.

  • Obat Luka
Durian juga merupakan alternatif dalam membantu menyembuhkan luka. Ambilah secukupnya durian dan tempelkan pada luka kemudian balut.

  • Mencegah Stress
Zat kalium merupaka salah satu mineral vital yang bermanfaat untuk menormalkan denyut jantung, mengirimkan oksigen ke otak dan meregulasikan mineral dalam tubuh. jika kita setress, metabolisme kita akan meningkat sehingga mengurangi kadar kalium dalam tubuh. dan hal ini dapat diseimbangkan dengan mengkonsumsi buah durian.

  • Mabuk Perjalanan/kelelahan
Salah satu cara yang singakat untuk menangani masalh ini yaitu dengan membuat durian milkshake dengan campuran madu. Durian ini akan menenangkan perut, madu akan menaikan kadar gula darah kita, sedangkan susu berguna untuk me-rehidrasi sistim tubuh.

  • Menghindari Mual
Menyelipkan durian diantara makanan poko dapat membantu anda dalam menjaga kadar gula darah dan menghindari morning sickness (Mual)

Orang/penyakit yang harus menghindari Durian :

-Darah Tinggi/Hipertensi
-Penyakit Jantung
-Diabetes
-Kencing manis
-Ginjal
-Asam urat
-Radang Usus
-Kolesterol Tinggi
-Ibu Hamil (jangan terlalu Banyak)

Hal yang harus anda hindari adalah mengkonsumsi durian dengan alkohol, karena kandungan sulfur dalam durian akan menghambat metabolisme alkohol dan bisa saja memicu kematian. 

Mungkin banyak kasus yang terjadi selama ini berkaitan dengan buah durian, ini terjadi karena over energi yang diakibatkan memakan durian dalam proses yang berlebihan. Jika energi tidak tersalurkan maka akan berakibat terganggunya keseimbangan badan yang berakibat colapse. Dan disarankan jika anda mengkonsumsi buah durian cukup 100-200 gram saja setiap kali makan.

Itulah manfaat buah durian untuk kesehatan tubuh. semoga bisa bermanfaat untuk membaca artikel ini. Salam sehat dari kami.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Khasiat Buah Durian bagi Kesehatan