Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Salak. -Buah salak atau  yang mempunyai nama ilmiah Salacca zalacca merupakan buah yang banyak ditemukan di daerah tropis seperti dinegara Indonesia, Singapura, Malaysia dan Thailand. Buah salak ini termasuk kedalam buah yang berbuah kapan saja karena pohon buah salak tidak mengenal musim. Jadi sangat  mudah untuk kita temui di pasaran atau di supermarket.

Di Negara kita Indonesia ini ada berbagam varietas salak yang dapat kita jumpai, ada sekitar 20 sampai 30 varietas, namun beberapa yang terkenal seperti salak pondoh (Jakarta) , bali swaru (Bali), gading (yoyajakarta), kembang arum (Yogyakarta), penjalinan (Bangkalan, Madura) dan sebagainya. Dari semua varetas salak tentunya  memiliki khas tersendiri  mulai dari bentuk, rasa, warna, ukuran dan kenikmatannya.

Rasa salak yang tergolong eksotis, sedikit asam, bercampur manis dan sedikit sepat ini membuat orang menyukainya. Dipasaran harga buah salak ini tergolong murah sehingga bisa dijangkau oleh semua kalangan, maka tidak salah buah ini sangat popular dimasyarakat. Sesuai berjalannya waktu kinih buah salak selain dimakan langsung, salak sekarang bisa dibuat manisan, asinan, keripik dan dikalengkan.

Dari bentuknya yang unik dan rasanya yang eksotis, ternyata buah salak ini juga memiliki banyak sekali kandungan gizi yang cukup lengkap. Dari 100 gr buah salak dapat kita peroleh 363 kk, karbohidrat 90,3 gr, lemak 0,4 gr, protein 0,8 gr, kalsium 38 miligram, fosfor 31 mg, zat besi 3,9 mg dan juga vitamin C 8,4 mg.

Beberapa manfaat buah salak untuk Kesehatan
www.tradisionalkesehatan.com

Inilah Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan

Dari penelitian yang telah dilakukan oleh pusat Gizi dan Makanan Departemen Kesehatan RI menyatakan bahwa kandungan betakaroten pada 100 gr salak 5,5 kali lebih banyak dibandingkan dengan manga, 3 kali lebih banyak dibndingkan dengan jambu biji, dan 5 kali lebih banyak dibndingkan semangka merah. Bisa kita lihat langsung dari penelitian ini sudah jelas bahwa salak mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh anda.

Nah lalu apa saja manfaat yang dapat kita dapatkan dari buah salak ini, teruslah baca artikel ini sampe selsai.
  • Meningkatkan Kecerdasan Otak
Dari penelitian diungkapkan bahwa salak diklaim dapat  meningkatkan kinerja otak, hal ini dikarenakan pada buah salak terdapat kandungan potassium dan pektin. Potassium ini dimanfaatkan oleh saraf otonom  yang merupakan pengendali detak jantung, meningkatkan fungsi otak dan mengendalikan fungsi fsikologi yang lainnya. Dan dari penelitian yang telah dipublikasikan bahwa “Intregative Center Therapies” kandungan salak berupa pectin mamupu mencegah kanker prostat.
  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Kandungan Vitmain C yang cukup tinggi pada buah salak berperan sebagai antioksidan yang akan menjaga tubuh anda dari serangan berbagai penyakit. Nah dengan mengkonsumsi buah salak sangat berkhasiat dalam menjaga daya tahan tubuh sehingga kita akan terhindar dari berbagai penyakit.
  • Menjaga Kesehatan Mata
Kandungan betakaroten pada buah salak ini efektif untuk menjaga dan memlihara kesehatan mata kita. Dari penelitian yang telah disebutkan diatas bahwa kandungan betakaroten pada buah salak lebih besar dari buah manga, semangka dan jambu. Nah jika anda sudah sedikit bosan dengan jus wortel, maka salah satu alternative lain untuk menjaga mata anda adalah dengan mengkonsumsi jus bauh salak ini.
  • Membantu Program Diet
Salah satu masalah yang sering mengganggu dalam program diet perut kita selalu meminta jatah hariannya. Nah buah salak akan mengatasi itu, kandungan serat pada buah salak akan membantu anda merasakan kenyang yang lebih lama. Sehingga dapat menghindari dari godaan yang besar itu.
  • Mencegah Sembelit
Sering kali kita dengar bahwa jika kita mengkonsumsi buah salak maka kita akan mengakibatkan susah untuk BAB, pernyataan itu tidk sepenuhnya benar. Menurut F.X Wahyurin Mitano, ahli Gizi dari RSUD dr Soetomo mengatakan bahwa sebaiknya jika mengonsumsi buah ini jangan membuang kulit arinya, sebab kulit airi itulah yang mengandung serat. Nah kandungan serat itulah yang akan mengurangi sembelit . salak juga mengandung tanin yang dikenal sebagai anti diare.

Hati-hati bagi anda yang menderita Maag dan Tifus

Meskipun banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari buah salak, namun kita perlu mewaspadai efek dari buah salak. Rasa sepet pada buah salak tidaklah baik untuk dikonsumsi oleh penderita maag dan radang usus karena tanin dalam bauah salak dapat memperoarah kondisi usus yang luka dan sulit untuk dicerna. Dan kandungan serat yang tinggi dapat membahayakan kesehatan bagi anda yang mendrita tifus dan talasemia yang merupakan salah satu jenis darah.

Perlu diingatkan jika anda mengkonsumsi buah salak janganlah sampai berlebihan secukupnya aja. Disarankan untuk mengkonsumsi buah salak 4-5 buah perhari. Nah  itulah beberapa informasi tentang Manfaat Buah Salah untuk Kesehatan Tubuh yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat..

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan Tubuh