Cara Mengobati Sumialngeun (Nyeri Saat Haid) Dengan Alami

Advertisement
Mengobati Nyeri Saat Haid Secara Alami. -Seorang perempuan yang menginjak usia remaja atau menginjak balig akan mengalami rutinitas haid dalam satu bulan sekali entah itu sehari, seminggu, bahkan sampai dua minggu di setiap bulannya. Sudah menjadi kodrat setiap perempuan mengalami haid, biasanya bisa datang secara tiba-tiba dan ada pula yang bisa memprediksikan sendiri kapan datangnya haid tersebut.

Haid atau menstruasi ini adalah fase dimana lapisan endometrium (lapisan terluar Rahim), dimana bila saat ovulasi tidak ada pembuahan yang kemudian lapisan itu dilepaskan dan keluar lewat jalan lahir. Teratur atau tidaknya haid ini tergantung tiga hal, yaitu keseimbangan hormonal yang utuh, kesehatan jasmani yang optimal serta dipengaruhi oleh kondisi emosi yang stabil. Nah jika salah satu factor ini terganggu maka proses haid akan terganggu.

Pada saat seorang perempuan haid pertama kali, haidnya tidak teratur itu dianggap normal hal ini mungkin akan berlangsung hingga 3-5 tahun, pada  masa ini ketidak aturan haid tidak perlu diobati. Namun anyak wanita yang tidak bisa menerima reiko haid ini, karena haid yang merupakan proses alamiah ini ada yang mengalami rasa sakit yang luar biasa.

Sebenarnya rasa sakit saat menjelang atau sedang haid ini merupakan kontraksi otot perut yang sangat intens saat mengeluarkan darah, kemudian menyebabakan otot menegang. Menegangnya otot ini tidak hanya bagian otot perut saja tetapi otot penunjang otot perut yang terdapat di bagian punggung bawah, pinggang, betis hingga panggul.

Cara Tradisional Mengobati Sumilangeun
www.tradisionalkesehatan.com
Nyeri haid ini atau yang biasa disebut sumilangeun (Bahasa Sunda) pada umumnya dirasakan oleh sebagian wanita pada awal masa haid. Ada yang rasa sakitnya tidak begitu terasa hingga mereka bisa tetap menjalankan aktivitas sehari-harinya, namun ada pula yang merasakan sakit yang tidak tertahankan hingga tidak mampu untuk melakukan apapun.

Adapun penyebab sumilangeun ini diantaranya :
-Ketidak seimbangan Hormonal dalam tubuh
-strees atau cemas  yang berlebih
-karena penyakit (peradangan panggul)
-Selaput darah yang tidak berlubang

Banyak cara untuk mengatasi masalah yang satu ini, mulai dari minum beberapa obat dokter yang dijual bebas dipasaran, terapi khusus (senam, olahraga teratur, menjaga poola makan), dan bisa juga menggunakan obat alami. Nah kami disini akan menjelaskan itu semua.

Cara termudah menghilangkan nyeri sumilangeun, yaitu dengan cara:
  • Kompres Air Hangat
Siapkan wadah untuk diisi air pansa baik itu berupa pelastik atau botol yang berukuran sedang. Jika sudah siap terapkan pada perut yang terasa sakit sambil berbaring dalam kondisi rileks. Lakukan cara ini berulangkali sehari 3-4 kali. Kompresan air hangat ini berfungsi untuk menenangakan otot Rahim (Relaksasi) dan melancarkan aliran darah.
  • Olah Raga Ringan
Cara ini dilakukan ketika anda mengalami nyeri belum begitu sakit. Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki selama 30 menit setiap hari. Hal ini membantu melancarkan aliran darah dan mengingkatkan denyut jantung. Dan anda juga bisa melakukan olahraga yoga.
  • Mandi dengan air hangat
  • minum air hangat dan makan makanan yang mengandung kalsium tinggi.
  • ketika berbaring, ambilah posisi menungging sehingga Rahim menghadap ke bawah. Hal ini bisa membantu relaksasi
Itulah beberapa tips untuk menghilangkan nyeri haid yang dapat dengan mudah anda lakukan. Nah bagi anda yang ingin mencoba mengatsinya dengan cara membuat ramuan sendiri dirumah, simaklah dibawah ini:
  • Sediakan 5 gr cengkih, 8 gr pulawaras, 15 gr kencur kemudian tumbuk haluslah menjadi satu dan rebus dengan air sampai tersisa 2 gelas. Minumlah ramuan ini setiap hari setengah gelas.
  • Sediakan jahe secukupnya lalau iris dan tumbuk, kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Dan tambahkan gula jawa secukupnya, saring dan minum setiap hari 3 kali.
  • Sediakan Kunyit secukupnya, kemudian parut halus, lalau peraslah air parutan kunyit tersebut, anda bisa menambahkan madu jika ada dirumah. Minumlah satu sendok ketika merasakan gejala haid.
  • Ambilah 3 mata asam jawa, kemudian rebus dengan ¾ gelas air hingga mendidih kemudian tambahkan jeruk mipis dan gula secukupnya. Saring dan minumlah ketika akan menjelang haid.
Itulah Cara untuk Menghilangkan, mengobati, bahkan mencegahnyeri haid yang dapat kami sampaikan. Memang banyak cara  yang bisa kita lakukan tinggal tugas kita yang harus memilih. Tapi perlu saya ingatkan jika gejala semakin memburuk, atau sudah berumur 25 tahun baru mengalami nyeri haid yang parah, maka cepat-capatlah hubungi dokter.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengobati Sumialngeun (Nyeri Saat Haid) Dengan Alami