Manfaat Bawang Bombay bagi Kesehatan dan Kecantikan

Bawang bombay (Allium Cepa Linnaeus) berasal dari Asia Tengah, kemungkinan berasal dari Palestina, lalu  menyebar ke Eropa dan India. Kemungkinan besar bawang bombay ini masuk ke Indonesia dibawa oleh para pedagang dari India atau penjajah dari Belanda. Bawag ini pernah di coba untuk dibudidayakan orang belanda di Padang namun gagal.

Bawang bombay sangat cocok ditanam di daerah pegunungan dengan suhu sekitar 10-20 derazat selsius, idealnya dengan tinggi 800 meter diatas permukaan laut. Namun ada juga yang mengatakan ketinggiannya harus diatas 200 m dpl.  Itu semua bisa dipertimbangan yang pastinya tanah harus menandung keasamaan 5, 5-6, 5 PH dengan drainase yang baik menjadi syarat supaya bawang tersebut tidak membusuk karena terendam air.

Bawang bombay merupakan jenis bawang yang sering dipakai untuk bumbu maupun bahan masakan. Ia memeiliki bentuk yang hampir sama dengan  bawang merah, namun bentuk bawang  bombay ini jauh lebih besar serta memiliki bau yang khas penambah aroma pada masakan sehingga menambah nafsu makan ingin segera melahapnya.

Di Indonesia sendiri bawang bombay ini memang jarang sekali digunakan, tidak sepopuler di Luar Negri. Karena memang harga menjadi pertimbangantersendiri, di indonesia lebih banyak menggunakan bawang merah dari pada bawang bombay. Memang tidak jauh berbeda ketika kita mengiris bawang ini mata kita akan merasakan efeknya yang panas dan pedas.

Kandungan nutrisi pada bawang bombay akan menambah daya tarik tersendiri dibanding dengan bawang merah dan bawang putih. Nah lihat aja pada tabel dibawah ini.

kandungan nutrisi pada bawang bombay

Disamping aromanya yang sedap dan kandungan nutrisi yang penggunaan terbesarnya untuk memasak. Ternyata mengandung banyak manfaat juga bagi kesehatan. Yaitu antara lain :

Manfaat Bawang Bombay untuk Kesehatan :

manfaat bawang bombay untuk kesehatan
  • Menguatkan Gigi
Berbicara tentang Gigi pasti langsug teringat pada .., namun perlu diingat bahwa kandungan kalsium pada bawang bombay bukan untuk menguatkan tulang saja tetai dapat menguatkan gigi. Bila anda  mengalami gigi keropos akan muda patah dan terlepas dari gusi, maka dari itu jangan lah segan untuk mengkonsumsi makanan yang bahan bumubunya dari bawang bombay.

Nah apa bila anda lebih berani, dengan mengunyah mentah bawang bombay akan membantu gigi anda lebih kuat dan menjaga kesehatan mulut.
  • Mengobati Maag
Umumnya penyakit maag ini timbul karena makan yang tidak teratur. Jadi ketika perut sudah tersa perih dan melilit, kita langsung melahap makanan dengan porsi berlebihan, sehingga akan mengakibatkan tubuh akan  meningkatkan produksi asam lambung. Nah dari itu kandungan natrium pada bombay akan menormalkan kadar asam lambung didalam perut.
  • Mengobati Batuk
Dari artikel yang kami baca, bahwa bawang bombay juga bisa kita gunakan untuk mengobati batuk. Caranyapun sangat sederhana, yaitu pertama kupas bawangnya lalau potong menadi dua bagian, kemudian kita tambahkan 1 sdm gula merah, dan simpan di tengah-tengah bawang yang sudah dipotong tadi hingga beberpa jam. Nah gampangkan, kemudian makanlah bawang itu 2 kali sehati sampai batukmu sembuh.
  • Mencegah Diabetes
Kebayang gak jus bawang bombay ? .Harus anda ketahui bahwa jus bawang bombay sangat ampuh untuk menurunkan kadar gula yang berada dalam darah. Banyak dokter yang mengatakan bawha bawang bombay ini lebih baik dalam mengendalikan gula darah dibanding dengan obat-obatan.
  • Menurunkan Kadar Kolesterol dan Gula Darah
Bisa diliat pada tabel di atas , bawha kadnungan vitamin B3 dan B9 cukup tinggi.  Fungsi dari vitamin B3 ini dalam tubuh adalah untuk menjaga stabilitas kadar  gula darah, menyerap lemak, menjaga keseimbangan genetis sel dan menurunkan kadar kolesterol. Dengan mengkonsumsi bawang bombay secara teratur insya allah kadar gula dan kolesterol anda akan segera menurun.
  • Mencega Kanker
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Michael Wargovich dari South Caroline Cancer Center, USA mengatakan bawang bombay merupakan anti kanker yang potensial, salah satunya yaitu  kanker payudara, kolon, dan kanker esophagus.

Kandungan organosulfur pada bawang bombay ini sangat berpengaruh untuk mencegah kanker. Senyawa ini merupakan asam amino dengan belerang yang menimbulkan aroma menyengat pada bawang bombay ini.  dan bawang bombay merahlah yang memiliki kandungan anti kanker yang paling kuat, antioksidannya sudah tidak diragukan lagi khasiatnya yang berasal dari antosianinnya.
  • Mencegah Infeksi
Jika kita  mengalami kulit yang terluka dapat diobati dengan bawang bombay ini, langsung saja anda oleskan bawang bombay yang sudah anda parud dan tempelkan pada lukanya. Karena memang bawang bombay ini mampu berperan sebagai insektisida, parasitisida, anti cendawan dan anti bakteri. Nah dengan itu luka pada kulit anda kemungkinannya akan terhindar dari infeksi fantogen yang akan menyerang tubuh anda.
  • Mencegah Osteoporosis
Berbicara tentang tulang pasti langsung teringat pada kalsium, memang benar kandungan kalsium pada bawang bombay sangat tingggi sehingga bagus untuk tulang anda. Bahkan efek tersebut jauh lebih baik dari suplemen kalsium atau obat kimia calcitocin yang dirokemndasikan oleh dokter. Hal ini juga diperkuat oleh penelitian yang dilakukan di Bern, swiss.

Dari manfaat yang kami tulis diatas pasti kita sudah merasa heran membacanya. Memang bawang bombay ini sangat banyak manfaat untuk tubuh kita. Nah selin itu juga bawang bombay ini bermanfaat juga untuk kencikan. Langsung aja simak dibawah ini.
  • Mengobati Jerawat
Jerawat memang sangat menyebalkan sekali, selain mengganggu penampilan, juga menurunkan rasa percaya diri kita. Memang yang namanya penyekit mesti kita obati, nah salah satunya dengan menggunakan bawang bombay ini. caranya sangat mudah sekali yaitu haluskan bawang bombaynya kemdian tinggal kita tempelkan pada wajah yang berjerawat, diamkan sekitar kurang lebih 15 menit dan bersihkan kembali dengan air. Jangan lupa untuk selalu teratur dalam melakukannya.
  • Menjaga Kesehatan Wajah
Berbagai kandungan yang ditulis dalam tabel diatas juga bermanfaat dalam mencerahkan wajah kita. dengan  menjadikan bawang bombay ini sebagai maskara wajah kita akan segar mempesona. Lakukan hal ini dengan teratur supaya anda bisa melihat hasilnya sendiri.
  • Menyuburkan Rambut
Kadang tidak sedikit orang sering mengalami rambutnya rontok, ntah itu karena faktor usia dan faktor lainnya. Namun kalian tidak usah khawatir, dengan bawang bombay ini maslah itu bisa diatasi. Kandungan sulfurnya sangat bermanfaat untuk menguatkan rambut kalian. Nah dengan menggunakan cairan dari bawang bombay yang sudah dihaluskan, dan diperas ini sebagai sampo untuk keramas setiap pagi.

Efek samping mengkonsumsi bawang bombay

Selain banyak manfaat yang dapat kita terima, ternyata terdapat beberapa efeksamping yang harus kita pertimbangkan sebelum kita mengkonsumsinya. Ketika kita tidak memeiliki cadangan air yang cukup untuk produksi urine, akan mengakibatkan tubuh lemas, denan gejala kepala pusing dan mata berkunang-kunang.

Nah dari itu disarankan sebelum kita mengkonsumsi bawang bombay ini, alangkah baiknya jika banyak minum air putih terlebih dulu. Dan jika seorang sedang diare maka disarankan untuk tidak mengkonsumsi bawang bombay mentah.

Memang banyak sekali proses untuk mengetahui manfaat bawang bombay ini. Mungkin masih banyak sekali manfaat yang kita akan dapatkan dari bawang bombay ini selain yang kami tulis ini. nah mungkin itu yang dapat kami sampaikan untuk kalian semua, semoga dengan artikel yang kami tulis ini bisa bermanfaat untuk orang banyak.

Jangan lupa kasih tahu teman, saudara, sahabat dan yang lainnya dengan membaikannya lewat medsos.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Bawang Bombay bagi Kesehatan dan Kecantikan